MENGUNJUNGI TAMPANG LAMA YANG MERUPAKAN ASAL MULA PENDUDUKAN MASYARAKAT DESA RANTAU TAMPANG

  • Mar 21, 2024
  • Admin Desa Rantau Tampang

Rantau Tampang, Website Desa (21/03/2024) - Menurut cerita dari para sesepuh Desa Rantau Tampang, mula-mula Desa Rantau Tampang yang lama merupakan Kaleka Pukung Himbur yang berlokasi di seberang Sungai Mentaya. Pada saat itu, sekitar abad ke 18 ada empat orang yang merupakan penduduk asli yaitu Kolong Tarung, Djaruman Tarung, Nely Djaruman, dan Salim Djaruman.

Setelah beberapa lama mendiami pemukiman di seberang Sungai Mentaya, ada kerusakan yang disebut “asang” yang disebabkan oleh wabah hewan. Para pendiri kaleka tersebut akhirnya memilih pindah ke lokasi selatan dari Sungai Mentaya, ada kerusakan yang disebut “asang” yang disebabkan oleh wabah hewan. Para pendiri kaleka tersebut akhirnya memilih pindah ke lokasi selatan dari Sungai Mentaya.

Nama kaleka Pukung Himbur kemudian berubah menjadi Dukuh Rantau Tampang yang berasal dari dua nama yaitu Rantau yang artinya sungai yang lurus dan Tampang yang berarti kayu. Pemindahan lokasi ini merupakan hasil kesepakatan dari para penduduk dengan cara melakukan ritual menurut kepercayaan Kaharingan yaitu dengan cara Menajah Antang  atau memanggil burung elang untuk mendapatkan petunjuk yang baik.